3 Cara Molekul Hidrogen membantu tubuh Anda memerangi radikal bebas

APA HIDROGEN?

Hidrogen adalah unsur terpenting dan melimpah di alam semesta, menghasilkan 90% alam semesta dan 99% sinar matahari. Ini adalah sumber energi matahari oleh fusi nuklir dan merupakan unsur kimia paling ringan yang ada. Hidrogen juga membentuk 63% tubuh manusia dan paling penting di mitokondria. Mitokondria mengambil elektron, dibawa oleh hidrogen, untuk menghasilkan ATP, mata uang energi sel kita. Tubuh kita membutuhkan ATP untuk pertumbuhan, perbaikan, dan regenerasi.

Albert Szent-Györgyi, ahli fisiologi pemenang Hadiah Nobel, menjelaskan bahwa hidrogen, bukan oksigen, adalah bahan bakar kehidupan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa oksigen diperlukan bagi manusia untuk hidup. Namun, hidrogen adalah bahan bakar yang menggerakkan sel kita dengan menyumbangkan elektron ke rantai transpor elektron dan menggabungkannya dengan oksigen untuk membentuk air. Oksigen hanyalah penerima elektron bekas selama pembakaran di mitokondria.

Jadi sekarang Anda mungkin bertanya-tanya apa itu Hidrogen Molekuler. Molekul Hidrogen, yang ditulis dalam notasi kimia seperti H2, adalah dua atom hidrogen yang terikat bersama. Apa yang membuat molekul ini begitu istimewa adalah sifat antioksidan menakjubkan yang dimilikinya. Molekul ini sekarang telah menjadi subjek penelitian di lebih dari 400 makalah penelitian untuk manfaat kesehatannya dan semakin kita menggali manfaat kesehatan dari Molekul Hidrogen, kita menemukan lebih banyak lagi rahasia pengaruhnya. Molekul Hidrogen memiliki kemampuan untuk menetralkan radikal bebas, khususnya radikal hidroksil.

Tingkat radikal bebas yang tinggi merupakan penyebab utama penuaan dan sebagian besar tantangan kesehatan. Radikal bebas adalah senyawa beracun yang telah kehilangan muatan negatif dengan melepaskan elektron, dan diproduksi di dalam tubuh sebagai produk sampingan metabolisme. Radikal bebas, oleh karena itu, membawa biaya yang tidak berpasangan dan sangat tidak stabil.
Mereka mampu menarik elektron menjauh dari situs selular vital, seperti DNA kaya elektron. Tubuh manusia kekurangan hidrogen dalam banyak hal. Karena itu, tubuh akan menanggung sejumlah besar kerusakan radikal bebas.

BAGAIMANA HIDROGEN MEMBANTU ANDA?

Sederhananya, Molekul Hidrogen akan membantu melindungi sel Anda dari kerusakan radikal bebas yang berbahaya. Radikal bebas adalah produk sampingan dari produksi energi (mirip dengan karbon monoksida dari mesin mobil) yang menyebabkan kerusakan pada protein, lemak, karbohidrat, dan DNA di dalam tubuh Anda dengan mengubah strukturnya. Biasanya, sel Anda memiliki enzim antioksidan seperti Glutathione Peroxidase, Catalase, dan Superoxide Dismutase yang membersihkan radikal bebas yang diproduksi. Namun, gaya hidup, diet, lingkungan, dan penuaan Anda sering mengurangi kekuatan enzim antioksidan Anda sekaligus menyebabkan peningkatan produksi radikal bebas di sel Anda.

Molekul Hidrogen dapat membantu tubuh Anda memerangi radikal bebas dalam tiga cara:

1. Ini adalah molekul terkecil yang ada -

Artinya akan menembus kulit Anda, pembuluh darah, dan bahkan dinding sel Anda untuk membersihkan radikal bebas. Molekul Hidrogen akan sampai pada radikal bebas di sel Anda lebih cepat daripada antioksidan lain yang bisa Anda konsumsi.

2. Selektif menghilangkan radikal bebas yang paling berbahaya, Radikal Hydroxyl -

Radikal Hydroxyl adalah radikal bebas yang paling berbahaya dan reaktif. Ini akan segera bereaksi dengan yang ada di dekatnya, oleh karena itu penting bahwa Molekul Hidrogen hadir untuk menghilangkannya sebelum merusak sesuatu yang penting seperti DNA Anda.

3. Ini membantu meningkatkan enzim antioksidan sel Anda sendiri -

Molekul Hidrogen tidak hanya menghilangkan radikal bebas itu sendiri, hal itu juga telah terbukti menyebabkan peningkatan produksi enzim antioksidan di dalam sel. Hal ini menimbulkan anggapan bahwa Molekul Hidrogen juga merupakan molekul pensinyalan sel, dan cara yang memberi manfaat bagi kesehatan kita sangat banyak.

Semoga bernanfaat

Comments